Menu
Informasi Akurat dan Terpercaya

Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola

  • Bagikan

Kamu telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor dalam sepak bola. Selanjutnya, kamu akan berlatih variasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan sepak bola. Bagaimana caranya? Baca pembahasan rangkuman materi dibawah ini secara lengkap dan teliti.

Contoh variasi gerak dasar nonlokomotor dalam sepak bola dibagi menjadi 4, yaitu meliputi grak dasar menukik dan mengayun kaki, berdiri menekuk dan menarik kaki, Meliukkan Badan ke Belakang dan Mengayunkan Badan dan Berdiri dan Mengayunkan Lengan.

a. Menekuk dan Mengayun Kaki

Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola

Amatilah variasi gerak nonlokomotor seperti gambar diatas! Gambar tersebut menunjukkan variasi gerak menekuk dan mengayun kaki. Bagaimana caranya?

  1. Buka kaki selebar bahu. Satu kaki ditekuk (misalnya kaki kiri) dan kaki kanan ditarik ke belakang.
  2. Ayunkan kaki kanan ke depan. Pandangan ke arah depan.
  3. Lakukan gerakan mengayun dengan kuat. Gerakan ini diikuti ayunan lengan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

b. Berdiri, Menekuk Kaki, dan Menarik Kaki

Apa yang dapat dilakukan saat menerima operan dari teman? Menekuk dan menarik kaki, jawabannya! Dalam gerakan ini, kamu dapat melakukan variasi gerak nonlokomotor. Langkah-langkah variasi gerak dasar nonlokomotor sebagai berikut.

  1. Sikap awal, berdiri tegap, kaki sejajar. Pandangan lurus ke depan.
  2. Pelaksanaannya, angkat kaki sambil menekuk lutut.
  3. Sikap akhir, tarik kaki ke arah belakang. Gerakan ini digunakan untuk belajar menghentikan bola.

c. Meliukkan Badan ke Belakang dan Mengayunkan Badan

Bagaimana cara melakukan variasi gerak meliukkan badan ke belakang dan mengayun badan ke depan? Dalam permainan sepak bola, variasi gerak ini tampak dalam gerakan menyundul bola.

Awalnya, berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Badan diliukkan ke belakang, kedua tangan diangkat di samping kepala. Ayunkan badan ke depan.

Meliukkan badan ke belakang dan mengayunkan badan ke depan dalam gerakan menyundul bola.

d. Berdiri dan Mengayunkan Lengan

Amati saat pesepak bola melakukan lemparan bola ke dalam. Dalam gerakan ini, kamu dapat melihat variasi gerak dasar nonlokomotor. Pesepak bola tersebut berdiri, meliukkan badan, dan mengayun lengan dalam lemparan bola ke dalam.

Lakukan gerakan yang kamu amati tanpa menggunakan bola. Amatilah gerakan temanmu, kemudian bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada guru secara santun.

Setelah mempelajari Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola, materi selanjutnya adalah Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola dan Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Voli.

  • Bagikan