Menu
Informasi Akurat dan Terpercaya

Variasi Gerak Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

  • Bagikan

Setelah mempelajari variasi gerak lokomotor dan nonlokomotor, contoh variasi selanjutnya adalah gerak Manipulatif. Apa sajakah variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan bola basket?

Variasi gerak dasar manipulatif di antaranya melempar dan menembak bola, menangkap bola, dan memantul-mantulkan atau menggiring bola.

a. Menggiring dan Mengoper Bola

Lakukan gerakan menggiring dan mengoper bola. Gerakan ini diawali dengan menggiring bola lurus ke depan atau ke samping kiri dan kanan. Kemudian, operkan bola ke temanmu, dan lakukan dengan hati-hati.

b. Menangkap dan Melempar Bola

Pada permainan bola basket, terdapat gerak menangkap dan melempar bola. Lakukan gerak ini bersama temanmu. Caranya, berdiri saling berhadapan sekitar 5–7 meter.

Lemparkan bola mendatar ke arah temanmu. Kemudian, temanmu menangkap bola tersebut. Ulangi gerak ini secara bergantian dengan hati-hati. Jika mengalami kesulitan, mintalah bimbingan kepada gurumu secara santun.

c. Menggiring dan Menembak Bola

Bagaimana cara melakukan gerak menggiring dan menembak bola? Diskusikan bersama temanmu. Jangan lupa hargai pendapat temanmu. Untuk memperkaya pembahasanmu, gunakan berbagai sumber bacaan. Jelaskan hasil diskusi kepada guru secara santun.

Melalui diskusi kamu dapat mengetahui gerak menggiring dan menembak bola. Bandingkan hasil diskusimu dengan langkah menggiring dan menembak bola yang benar seperti berikut.

Pertama, lakukan gerak menggiring bola menuju ring basket. Kedua, menembak bola ke ring basket. Lakukan gerak ini dengan semangat dan percaya diri.

d. Mengoper dan Menembak Bola

Bagaimana cara melakukan gerak mengoper dan menembak bola? Amatilah Gambarberikut. Diskusikan cara melakukan variasi gerak manipulatif berdasarkan Gambar dibawah ini. Jelaskan hasil diskusimu kepada guru secara santun.

Variasi Gerak Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Gerakan-gerakan tersebut merupakan variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola basket. Agar keterampilan gerak dasarmu meningkat, lakukan kegiatan berikut.

Mempraktikkan Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Kamu telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif, Praktikkan variasi gerak dasar berikut bersama temanmu dengan percaya diri, semangat, dan hati-hati.

1. Bentuklah kelompok yang beranggotakan 6–8 anak. Siapkan pembatas (cone atau benda lain yang aman), bola basket, dan ring basket untuk menunjang pembelajaran ini. Letakkan lima pembatas sebagai rintangan di tengah lapangan.

2. Sebanyak 4-6 anak berdiri di garis awal (titik A). Satu anak berada di titik B (posisi untuk menangkap bola) dan satu anak berada di titik C (posisi untuk menembak bola).

3. Anak pertama di titik A menggiring bola melewati pembatas. Pada akhir rintangan, bola dioper ke arah temannya di titik B. Anak di titik B memantulkan bola di tempat, kemudian melempar bola dengan kedua tangan ke arah temannya di titik C. Anak di titik C melompat sambil menembak bola ke ring basket.

4. Anak di titik C yang sudah menyelesaikan tugasnya, berlari menuju titik A.

5. Lakukan kegiatan ini secara berulang sampai semua anak memperoleh giliran.

Pembelajaran variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar sudah kamu pelajari. Tingkat paling penting dalam proses pembelajaran adalah penerapannya.

Belajarlah gerak dasar variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif permainan bola besar dengan semangat dan percaya diri. Materi selanjutnya : Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Kecil Kasti.

  • Bagikan