Pengaruh Otot Diafragma Terhadap Proses Pernapasan Pada Manusia?

Bagaimana Pengaruh Otot Diafragma Terhadap Proses Pernapasan Pada Manusia? pembahasan kunci jawaban soal kelas 5 SD/MI pada pembelajaran 5 tema 2 “Udara Bersih Bagi Kesehatan” subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih di buku paket tematik halaman 44.

Nah, sebelum kalian mengerjakan soal tersebut, terlebih baik baca dulu materinya agar lebih memahami materi pada pembelajaran 5. Lihat materi lengkapnya DISINI.

Pengaruh Otot Diafragma Terhadap Proses Pernapasan Pada Manusia

Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot

Bernapas adalah kegiatan menghirup oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh. Kegiatan bernapas membutuhkan kekuatan otot. Otot pernapasan utama adalah diafragma. Diafragma terdapat di dalam tubuh di bagian bawah rongga dada. Diafragma berbentuk seperti kubah.

Saat kita menghirup udara, diafragma akan berkontraksi menjadi lebih datar. Saat itu paru-paru membesar untuk dapat menampung udara yang kita hirup. Saat kita menghirup udara, otot-otot tulang rusuk mengangkat tulang rusuk kita sehingga paru-paru membesar.

Sebaliknya, saat membuang napas, otot diafragma akan relaksasi dan otot tulang rusuk mengendur. Paru-paru mengkerut lagi ke ukurannya yang lebih kecil dan mengembuskan udara pengap berisi karbon dioksida.

Ayo Mencoba

Dari bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan” di atas, buatlah bagan yang menunjukkan cara kerja diafragma saat kita bernapas.

Bernapas merupakan kegiatan yang sangat penting. Pernapasan kita dapat dilatih dengan berolahraga. Dengan organ pernapasan yang terlatih baik, kamu dapat mengatur pernapasan dengan lebih baik. Pengaturan pernapasan sangat diperlukan misalnya pada saat kamu menyanyi.

Ayo Renungkan

Bagaimana pengaruh otot diafrgama terhadap proses pernapasan pada manusia?

Kunci Jawaban

Otot diafragma berpengaruh terhadap proses pernapasan pada manusia. Pada saat manusia bernapas melibatkan otot-otot diafragma pada pernapasan perut. Urutan proses inspirasi pada pernapasan perut adalah otot diafragma berkontraksi dan posisi diafragma mendatar, rongga dada membesar, tekanan udara di rongga dada mengecil, paru-paru mengembang, dan akhirnya udara luar masuk ke dalam paru-paru.

Demikian pembahasan soal Bagaimana Pengaruh Otot Diafragma Terhadap Proses Pernapasan Pada Manusia? kelas 5 sd pada pembelajaran 5 tema 2 subtema 1 di halaman 4.. Lihat juga pembahasan soal buatlah bagan cara kerja diafragma saat kita bernapas! Semoga bermanfaat, selamat belajar!