Gambar Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Amfibi

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Amfibi, pembahasan kunci jawaban soal kelas 5 SD/MI pada pembelajaran 1 tema 2 “Udara Bersih Bagi Kesehatan” subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih di buku paket tematik halaman 11.

Nah, sebelum kalian mengerjakan soal tersebut, terlebih baik baca dulu materinya agar lebih memahami materi pada pembelajaran 1. Lihat materi lengkapnya DISINI.

Pernapasan pada Hewan

Seperti manusia, hewan juga bernapas untuk mengambil oksigen dan membuang karbon dioksida. Namun, sistem pernapasan pada hewan berbeda dari manusia. Bahkan, sistem pernapasan pada hewan pun berbeda-beda sesuai jenisnya. Berikut sistem pernapasan pada beberapa jenis hewan.

1. Alat dan Sistem Pernapasan pada Cacing Tanah (Vermes)

Cacing tidak mempunyai alat pernapasan khusus, cacing bernapas melalui permukaan kulit. Kulit cacing selalu basah dan berlendir untuk memudahkan penyerapan oksigen dari udara. Oleh karena itu, cacing menyukai tempat lembap untuk menjaga supaya kulit tubuhnya selalu basah dan berlendir.

2. Alat dan Sistem Pernapasan pada Serangga (Insekta)

Seperti hewan lain, serangga bernapas dengan mengisap oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Namun, alat pernapasan serangga berbeda dengan hewan lain. Alat pernapasan serangga berupa trakea, yaitu sistem tabung yang memiliki banyak percabangan di dalam tubuh.

3. Alat dan Sistem Pernapasan pada Ikan (Pisces)

Ikan bernapas menggunakan insang.

4. Alat dan Sistem Pernapasan pada Hewan Amfibi

Katak termasuk hewan amfibi, yaitu hewan yang hidup di darat dan di air. Saat masih berupa kecebong, katak hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Insang kecebong terletak di luar tubuhnya dan terdiri atas lembaran-lembaran kulit halus mengandung kapiler darah.

Setelah berumur 9 hari, kecebong bernapas menggunakan insang dalam. Insang dalam akan menyusut seiring mulai berfungsinya paru-paru dan katak muda pun tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa bernapas menggunakan paru-paru dan permukaan kulit.

Di dalam paru-paru terdapat banyak gelembung udara yang sangat kecil, berselaput, dan penuh dengan kapiler darah. Di dalam gelembung udara, oksigen diserap dan karbon dioksida dikeluarkan. Selain dengan paru-paru, katak juga bernapas melalui kulit. Permukaan kulit katak selalu basah agar memudahkan penyerapan oksigen dari udara.

5. Alat dan Sistem Pernapasan pada Reptil
6. Alat dan Sistem Pernapasan pada Burung (Aves)
7. Alat dan Sistem Pernapasan pada Mamalia

Soal

1. Bagan cara kerja organ pernapasan pada cacing tanah (Klik Disini)

2. Bagan cara kerja organ pernapasan pada ikan (Klik Disini)

3. Bagan cara kerja organ pernapasan pada serangga (Klik Disini)

4. Bagan cara kerja organ pernapasan pada amfibi (Klik Disini)

Kunci Jawaban

Bagan cara kerja organ pernapasan pada amfibi

Saat masih berupa kecebong, katak hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Setelah berumur 9 hari, kecebong bernapas menggunakan insang dalam. Insang dalam akan menyusut seiring mulai berfungsinya paru-paru. Katak dewasa bernapas menggunakan paru-paru dan permukaan kulit.

5. Bagan cara kerja organ pernapasan pada reptil (Klik Disini )
6. Bagan cara kerja organ pernapasan pada burung (Klik Disini)
7. Bagan cara kerja organ pernapasan pada mamalia (Klik Disini)

Demikian pembahasan soal kelas 5 sd pada pembelajaran 1 tema 2 subtema 1 di halaman 11 tentang contoh bagan cara kerja pernapasan pada amfibi. Semoga bermanfaat, selamat belajar!