Menu
Informasi Akurat dan Terpercaya

Contoh Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum PKn Kelas 9

  • Bagikan

Sebutkan contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum! Pembahasan soal pada materi pelajaran PKN Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 9 IX pada buku paket kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Untuk membantu kamu menjawab pertanyaan tersebut, pelajari uraian tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan masyarakat dalam berbagai bidang berikut.

Contoh Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum PKn Kelas 9

Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum

Perkembangan bidang politik, meliputi persoalan lembaga negara, hak asasi manusia, demokrasi, dan hukum. Pembangunan negara Indonesia sebagai negara modern, salah satunya adalah membangun sistem pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Lembaga negara dikembangkan sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan masyarakat dan negara. Pengembangan lembaga negara, dapat dilakukan berdasarkan pada lembaga yang sudah ada dalam masyarakat, menciptakan lembaga baru, atau mencontoh lembaga negara dari negara lain. Adapun lembaga negara baru sesuai dengan amandemen UUD NRI Tahun 1945 adalah DPD, MK, dan KY. Lembaga baru ini, haruslah sesuai dengan sistem pemerintahan yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Bangsa Indonesia menghargai hak asasi manusia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, bukan hak asasi manusia yang mengutamakan kebebasan individu atau mengutamakan kewajiban tanpa menghargai hak individu. Namun, hak asasi manusia yang menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. Hak asasi manusia yang dijiwai oleh nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Demokrasi yang negara kita kembangkan adalah demokrasi Pancasila. Suatu sistem demokrasi yang tumbuh dari tradisi nilai-nilai budaya bangsa. Demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat dan kekeluargaan. Demokrasi yang tidak berdasarkan dominasi mayoritas maupun tirani minoritas. Sistem yang mengutamakan kekeluargaan, bukan sistem oposisi yang saling menjatuhkan serta mengutamakan kepentingan individu dan golongan. Sistem pemilihan umum dalam demokrasi merupakan salah satu contoh perwujudan yang demokratis yang dikembangkan di Indonesia.

Pemilihan umum untuk memilih pemimpin, sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sejak dahulu. Bentuk ini dapat dikembangkan dengan menerima cara pemilihan umum di negara lain, seperti partai politik, kampanye, dan sebagainya. Namun, pemilihan umum yang terjadi harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Contoh Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum

  1. Aktif dalam kegiatan pemilihan pemimpin desa, kabupaten, maupun negara.
  2. Tidak mengisukan lawan politik dengan berita fitnah
  3. Saling menghormati dengan pilihan pemimpin setiap orang
  4. Mengadili seseorang sesuai dengan norma dan HAM yang berlaku
  5. Bersikap adil dalam setiap memutuskan hukum.

Baca Juga:

Demikian pembahasan mengenai Contoh Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum pada materi pembelajaran PKN Pendidikan Kewarganegaraan kelas IX di buku paket kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

  • Bagikan